Minggu, 13 November 2016

Mengibas Kasur Sebelum Tidur


Islam telah mengajarkan amalan-amalan yang bernilai ibadah yang biasa dilakukan pada setiap keadaan dalam berbagai aktifitas kesehariannya sehingga sangat banyak kesempatan untuk meraih pahala. Salah satu diantaranya ketika seorang muslim hendak tidur.

Anjuran untuk mengibaskan kain atau memukul-mukul pada tempat tidur sebanyak tiga kali sebelum berbaring. Ada beberapa hadits yang salah satunya diriwayatkan oleh Abu HUrairah ra bahaawasanya Rasulullah SAW bersabda : " Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebuh dahulu, karena dia tidak tahu apa yang ada di atasnya.....," (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam al-Qursyi dalam Akamul Marjan ti ahkamil Jaan hal. 150, dijelaskan jumlah kibasan yang dianjurkan adalah sebanyak tiga kali untuk mengusir setan dan sesuatu yang buruk (kotoran yang melekat di kasur).

"Tidak ada satu kasur pun tergelar dalam suatu rumah yang tidak ditiduri oleh seorang manusia, kecuali setan akan tidur di atas kasur itu dan sesuatu yang buruk di atasnya. Maka hendaknya sebelum kita tidur, kibaskanlah kasur itu dengan sapu lidi atau semacamnya, terlebih jika kita sedang singgah ke rumah orang, karena kita tidak tahu setan apa yang suka tidur di atas kasur dan sesuatu (kotoran yang melekat) yang menjadikan kita buruk.....

Kualitas Tidur
Secara ilmiah tidur bukan hanya masalah berbaring, tapi seberapa kualitas waktu istirahat lebih nyenyak dan tidur menenangkan. Tak sedikitpun penelitian menunjukkan bahwa tidur memiliki kaitan langsung dengan alergi, gatal-gatal, fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, kemampuan memori, dan fungsi-fungsi vital lain. Hal ini disebabkan adanya kotoran, debu maupun mikroorganis yang menempel di atas sprei kasur sehingga menjadi pemicu terganggunya proses produksi senyawa melatonin yang berperan vital mengatur jam biologis tubuh.

Alan Hirsch, MD, Direktur Smell and Taste Treatment and Research Foundation Chicago dan peneliti dari National Institute of Health mengungkapkan fakta, bahwa masuknya mikroorganis yang melekat di atas kasur ke dalam tubuh manusia melalui pernapasan atau kulit dalam jangka 1 menit setiap 2 jam saat malam hari bisa menekan produksi melatonin hingga 65 % .Berbeda dengan sprei dan sarung bantal yang selalu dibersihkan dengan menggunakan pemukul kasur dari rotan bisa mendongkrak produksi gelombang alpha di otak yang membuat seseorang merasa relaks hanya dalam hitungan menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar