Jumat, 23 Desember 2016

4 Golongan Ketika Ia Berdosa


Siapa sih sosok manusia yang tidak pernah berbuat salah? Para Nabi yang maksumpun pernah berbuat salah, hanya saja ketika mereka berbuat salah, hanya saja ketika mereka berbuat salah langsung mendapat teguran dari Allah dan bertaubat karenanya. Oleh karena itu manusia pasti telah pernah berbuat dosa maka pastilah kita pernah melihat orang lain berbuat dosa, pernah menyaksikan kedosaan orang lain. Apa yang manusiaa lakukan ketika melihat orang lain berbuat dosa atau kesalahan ? Paling tidak ada 4 golongan manusia dalam menyikapi hal ini :

Pertama : mereka menyebarkannya dan menambahkan bumbu-bumbu di atasnya
Kelompok yang pertama ini sangatlah mudah dijumpai dan di masyarakat. Kelompok yang pertama ini jelas telah melakukan dua dosa besar, pertama menyebarkan aib sesama muslim dan kedua membuat fitnah kepada si muslim dengan memberikan beberapa redaksi tambahan

Kedua : Mereka menyebarkannya dengan amanah
Kelompok yang kedua ini ketika melihat saudara muslimnya berbuat salah atau dosa maka ia menyebarkannya, ketika ditanya kenapa engkau menyebarkan aib saudaramu ? Maka sering kita mendapati alasan yang begitu indah," Agar kalian tidak terkena dampak dari sifat buruknya itu," Kelompok yang kedua ini merasa bahwa mereka telah melakukan yang makruf dan dengan amanah dalam menyampaikan aib saudaranya tanpa menambahkan redaksi yang lain.

Baik kelopmpok yang pertama atau yang kedua ini memiliki ciri-ciri khusus yang melekat pada mereka. Bahwa mereka ini suka sekali mencari kesalahan-kesalahan pada orang lain. Allah SWT berfirman :

" Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati ? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya, dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hujurat [049]:12).

Ketiga : mereka tidak menyebarkannya dan acuh tak acuh
Biasanya kelompok yang ketiga ini adalah kelompok yang anti sosial, tidak pernah peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya. DIa hanya peduli dengan urusan pribadinya saja.

Keempat : mereka tidak menyebarkannya tetapi mendatangi yang bersalah lalu menasihatinya
Kelompok keempat ini sering disebut dengan sebutan kaun muslihun atau kaum yang suka berbuat baik. Mereka tidak hanya baik dari sifat saja, akan tetapi mereka juga berbuat baik atau melakukan kebaikan kepada orang lain. Mereka yang melihat kesalahan saudaranya muslim maka mereka menyimpan keburukan itu dan tidak menyebarkannya lalu di kesempatan yang pas, mereka menasehati saudara muslimnya yang berbuat salah atau dosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar