Rabu, 21 Desember 2016

Sedekah Menggugurkan Dosa



"Shodaqah menghapus dosa seperti air memadamkan api " (HR Ahmad)

Bisakah kita menjamin satu hari saja hidup tanpa berbuat dosa ? Walaupun dsa kecil sekalipun, sesungguhnya kita sering berbuat dosa pada baik makhluk hidup maupun kepada Allah SWT, setiap harinya. Dan meskipun dosa kecil tetapi bila terus bertumpuk tanpa disadari untuk bertobat, tentu dosa yang kecil yang dilakukan terus menerus akan menjadi dosa besar.

Namun Allah itu Maha Penyayang, Allah tahu hamba-Nya tidak mampu untuk menghindari dari semua dosa kecil dalam kehidupan ini. Oleh karena itu Allah memberikan rahmat-Nya melalui lisan Nabi-Nya, cara-cara menghapus dosa, salah satunya dengan sedekah yang kita budayakan maka ampunan Allah akan terus mengalir kepada kita.

" Jika kamu menampakkan sedekah(mu) , maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu ( karena sedekahmu itu), dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. 2 : 271)

Pertanyaannya, kenapa kita perlu membersihkan diri dari dosa-dosa ? Karena dosa itu bersifat gelap, dan kegelapan itu menutup hati. Sementara hati yang tertutup kegelapan itu di sampaing jauh dari rahmat Allah, juga membuat jauhnya dari perilaku akhlak yang baik lagi terpuji, disebabkan ketidakmampuannya melihat mana yang benar dan sesuai kehendak Allah, dan mana yang seolah-olah benar bahkan yang salah.

Bagaimana bisa melihat jika hati tertutup?

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW beliau bersabda :" Seorang hamba itu bila melakukan suatu kesalahan, maka diletakkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Jika ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, maka hatinya dibersihkan. Namun bila ia kembali (maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang disebut"ar raan" yang ALlah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), "Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka," (Tirmidzi, 3 .334)

Subhanallah, Rasulullah SAW telah memebrikan nasehat untuk kita semua, bahwa

   1. Dosa itu harus dihilangkan, karena dosa itu menutup hati dan menjauhkan dari rahmat
       Allah.
   2. Cara menghapus atau menghilangkan dosa itu adalah dengan bersedekah
   3. Sedekah itu haruslah rutin kita lakukan, karena api tidak akan padam dengan sekali
       guyur, tetapi api akan padam dengan guyuran air terus-menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar